Bukan cinta biasa – sequel cinta di 16 ramadhan

 بسم الله الرحمن الرحيم
 
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

 الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ, segala puji terhanya milik Allah. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah pada uswah kita, Rasulullah SAW.

16 Ramadhan yang lalu, episode cinta itu kembali terulang. Alhamdulillah tahun lalu kami sukses dengan episode “ada cinta di 14 Ramadhan”. Kini sequel ( sambungan cerita ) dgn episode ” bukan cinta biasa di 16 ramadhan” mendulang sukses serupa.
Ada banyak kisah selama proses persiapan hingga akhirnya Allah meridhoi acara ini untuk bisa terlaksana. Rasanya tidak cukup jika harus dibuatkan sebuah acara “bedah kisah” yg memakan waktu satu hari.  Atau menjadi bahan diskusi yang mungkin bisa memakan waktu hingga berhari² – PD banget ya🙂 –
Ada “tokoh protagonis dan antagonis”. Dalam literatur, protagonis adalah tokoh yang melawan antagonis. Protagonis sering merupakan seorang pemeran utama , terkadang seorang jagoan, atau hal lainnya yang merupakan konflik dengan antagonis. Protagonis biasanya baik dan tidak jahat. Sedangkan antagonis adalah sebaliknya. Namun seperti biasa, tokoh protagonis selalu menang meski banyak menemukan kendala. Kalau anak gaul bilang, tenang aja, jagoannya belakangan dan selalu menang🙂.
Sedangkan tokoh antagonisnya, dalam hal ini bukan sosok penjahat yang selalu mencegah “para jagoan” untuk bisa menyelesaikan misinya. Tp disini adalah suatu keadaan dimana para “pemeran utama” menemukan kondisi sulit, dan ada tokoh² yg terlibat dalam kondisi yg menyulitkan tsb bahkan cenderung memperkeruh suasana. Tp pada dasarnya tidak ada  tokoh antagonis dalam kisah cinta di Ramadhan tahun ini, Karena pada akhirnya semua berjalan dengan baik, happy ending, dan semua tokoh yg terlibat baik di belakang layar maupun yg terlibat langsung di lokasi mendapatkan hikmah dan Insya Allah hidayah yang tiadataranya. Insya Allah, amin

 santunan anak yatim

Kembali ke kisah, Akhirnya 100 orang anak yang berhak untuk mendapatkan rezeki dari
Allah itu bisa hadir dan meramaikan buka bersama. Ada beberapa anak yang memang tidak bisa hadir, namun dengan diwakili oleh pengasuh / wakil dari anak tsb ternyata tidak mengurangi makna yang ingin kami capai saat itu.
Sambutan dan Tausiyah dari perwakilan pimpinan STIE Muhammadiyah yang diwakili oleh Bpk H Subali M Sidik SH.MM mengawali acara tsb. Kemudian dilanjutkan dgn sambutan² dari ketua IMM STIEM periode 2009, immawan Tahmid Akbar, Ketua Pelaksana Syilvi, dan disambung dengan Tausiyah Ruhiyah oleh ustadz dari Dewan Dakwah Kramat Raya ( afwan Ustadz, saya sampai lupa namanya.Namun tidak mengurangi takzim -penghormatan- saya thd beliau🙂 ). Tidak lupa terima kasih kami atas kehadiran Puket 1, Bpk Vigo Widjanarko SE MM dan juga Ibu Yoshi Erlina yang bersedia hadir di sela² kesibukan beliau. Serta karyawan yg tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

immawan-anak yatim

Adik² yang hadir tampak antusias mengikuti acara. Meski ada beberapa yg tampak lesu, mungkin karena berusaha untuk puasa “full” satu hari. Ada juga yg becanda sampai² sempat bertengkar mulut, namun masih wajar, tidak membuat gaduh dan bisa di lerai. Namanya juga anak²🙂
Sang Ustadz terus membawa adik² dalam tausiyah² yang diharapkan mampu menanamkan rasa cinta dalam diri² mereka terhadap sesama dan juga Penciptanya.

berbagi-immawan

immawati-anak yatim
Kemudian sesi berikutnya adalah games. Kembali adik² bersemangat untuk ikut sambil menunggu adzan maghrib berkumandang. Disinilah tugas kakak² panitia untuk menciptakan suasana yg nyaman bersama mereka.  Ada canda, senyum yang terkembang,
antusias yg tinggi, serta semangat yang tampak dari wajah² mereka. Rasa canggung antara kami dan mereka pun mencair bersama hangatnya persaudaraan yang mulai kami rintis kembali. Agar kelak merekapun bisa meneruskan usaha kami untuk bisa peduli terhadap sesama.
Satu persatu para “kandidat” perwakilan kelompok maju untuk melafadzkan kembali susunan kata yang kami buat untuk mereka. Alhamdulillah, tidak ada yg mengecewakan dari mereka. Semua pintar², dan dimenangkan beberapa kali oleh kelompok bernama “fatimah” (mirip dengan nama Almarhumah ibuku).

quiz-imm

Hadiah untuk mereka sdh menanti. Meski sederhana, namun diharapkan bisa memotivasi mereka untuk terus menjadi lebih baik. Aku merasakan banyak cinta disana, seolah² aku merasakan “para malaikat” turun untuk bersuka cita dan hadir diantara kami. “Para Malaikat” itu ada yang nampak dgn warna merah, putih, hijau, biru, dan semua warna menghiasi indahnya kebersamaan saat itu.

laskar cahaya imm

Mereka adalah para pemeran utama dalam kisah ini, yang bersusah payah untuk sebuah cinta yang memang telah tertanamkan dalam hati² mereka.

سم الله الرحمن الرحيم
” tetapi Allah menjadikan kamu ‘cinta’ kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus. sebagai karunia dan ni’mat dari Allah. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” Al Hujaraat 7-8. Subhanallah ….

Ada juga yang tidak tampak, namun peran mereka mereka sebagai perantara “tangan²” Allah yang “berjihad (sungguh²)” dijalan Allah telah turut mensukseskan semua ini.
Diantaranya adalah kalian, para sahabatku. Para donatur yang menyisihkan sebagian dari rezeki yang kalian diterima untuk disalurkan kepada yang berhak. Aku teringat pada sebuah ungkapan yang hingga saat ini masih terlintas dibenakku.

dermawan-imm
Kurang lebihnya spt ini :”aku hanyalah ceret (semacam wadah air ) yang mengalirkan air di ke cawan² milik kalian. Bertasbihlah atas nama Tuhanmu yang  melimpahkan air yang mengisi ceretku itu dan bisa mengisi cawan² kalian, sehingga air itu bisa kita nikmati bersama. Subhanallah

doa bersama imm

Doa pamungkas pun dipanjatkan, sebagai wujud syukur kepada Allah atas segala rahmat dan karuniaNya selama ini. Sekaligus menandadakan buka puasa bersama segera dimulai dan kumandang takbir segera berkumandang.

…. Allahu Akbar (2x) …. Allahu Akbar … Allahu Akbar ….

Rasulullah bersabda :
Barangsiapa memberi makan kepada orang yang berbuka puasa maka dia memperoleh pahalanya, dan pahala bagi yang (menerima makanan) berpuasa tidak dikurangi sedikitpun. (HR. Tirmidzi)

Akhirnya saat² yg paling dinanti oleh orang² yang berpuasa tiba. 3 Butir kurma dan segelas kolak dinikmati dengan penuh rasa syukur.
Selamat menikmati hidangan dari Allah yang terlezat, saudara-saudariku.

sholat berjamaah

Kumandang iqomat pun terdengar, saatnya sholat Maghrib di tegakkan. Dalam kesederhanaan kami berusaha untuk khusyuk, bermunajat pada Ilahi Robbi.
Sholat telah di tegakkan, saatnya berbagi. Lantunan nasyid opick – sedekah – terdengar, satu persatu asik² dipanggil. Mereka mendapatkan paket snack, paket alat tulis, sembako sederhana, dan sejumlah uang tunai.
Dan tidak lupa, belaian hangat dan kecup mesra dari kami yang hadir🙂

cium hangat imm

santunan anak yatim-dhuafa

Opick – Sedekah

alangkah indah
orang bersedekah
dekat dengan Allah
dekat dengan surga

takkan berkurang
harta yang bersedekah
akan bertambah
akan bertambah

Allah Maha Kaya
yang Maha Pemurah
yang akan mengganti
dan membalasnya
Allah Maha Kuasa
yang Maha Perkasa
semoga kan membalas surga

oh indahnya
saling berbagi
saling memberi
karna Allah

oh indahnya
saling menjaga
saling mengasihi
karna Allah

Mata² yang berbinar, senyum yang terkembang, doa yang terpatri dalam hati, serta ingatan yang kan kami bawa hingga mata ini terpejam untuk selamanya.

Semangat ini takkan padam, karena Allah telah tanamkan dalam hati² kita. 
Usaha ini akan terus berputar, bersama laskar² jihad yang berguguran .
Tumbuh berganti dengan laskar² yang bermekaran.
Laskar yang dalam hatinya tertanam kalimat Tauhid, bahwa Tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad utusan Allah.
Laskar yang dalam hatinya hanya ada cinta dan peduli terhadap sesama
Masih ada beberapa hari lagi untuk ambil bagian dalam “episode cinta” dibulan yang diberkahi ini.
Jadilah bagian dari orang yang memberi. Karena dengan memberi kita tidak hanya memperkaya hati dgn cinta, namun tanpa kita sadari bahwa kita adalah bagian dari tangan² Allah yang menjawab setiap doa orang yang membutuhkan perhatian kita.

Cinta ini tak akan luntur, karena ini “bukan cinta biasa” …

وَاَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

ketum2008-fathul

fathulrahman2003@yahoo.com

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: